Kudus (05/05/2018) - Replika Mushaf Al-Qur'an dari dari masa Khalifah Usman Bin Affan dan ragam mushaf Al-Qur’an hingga masa sekarang hadir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Macam-macam mushaf tersebut bisa dilihat pada gelaran "Festival Al-Qur'an dan Pameran Khazanah Islam Nusantara" yang diselenggarakan di Lapangan Qudsiyyah, Jl. KHR. Asnawi, Kudus, 5-10 Mei 2018.

Acara yang diinisiasi oleh Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal (BQMI) Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI tersebut dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Kegiatan tersebut menampilkan ragam mushaf Al-Qur'an dan buku-buku yang diterbitkan oleh Lektur dan Sekretariat Kementerian Agama. Pengunjung dapat melihat dan membaca pada materi ataupun buku yang ditampilkan, serta dapat bertanya langsung kepada petugas stan pameran.

Dalam sambutannya, Menteri Agama menekankan bahwa pameran ini bagian dari mengenalkan Mushaf Standar Indonesia agar masyarakat bisa mengetahui lebih mendalam. “Pada dasarnya, Al-Qur’an itu sama. Harus kita pahami bersama bahwa yang berbeda hanya penulisan beberapa tanda pelengkap, tetapi substansi dan cara bacanya tetap sama. Hukum tajwidnya sama, antara Mushaf Standar Indonesia dengan Mushaf Madinah,” jelasnya.

Penyampaian Menteri Agama ini untuk mengurangi persepsi yang beredar di masyarakat bahwa selain Mushaf Madinah adalah salah dan bukan rasm usmani, bahkan tidak boleh digunakan. Maka, pameran perkembangan mushaf Al-Qur’an dari masa ke masa dan ragam Mushaf Al-Qur’an di dunia ini bisa menjadi media masyarakat di sekitar Kabupaten Kudus untuk menambah wawasan Al-Qur’an. [Athoillah]