Peserta Khatmil Qur'an bil KitabahPringsewu (22/10/2017) - Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qura’an (LPMQ) turut serta memeriahkan kegiatan MTQ di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Dalam event tahunan ini LPMQ mengajak masyarakat sekitar untuk turut serta menghatamkan Al-Qur’an dengan menulis atau khatmul qur’an bil kitabah.

Kegiatan ini terbukti sukses menarik antusiasme masyarakat Pringsewu dan sekitarnya. Tercatat ada sekitar 600-an orang yang secara serentak mengikuti kegiatan pra MTQ ini. Menariknya adalah dalam kerumunan masyarakat itu ada Bupati Pringsewu, H. Sujadi beserta jajarannya yang terlihat khusyuk mengikuti kegiatan edukatif tersebut.

Menurut Syaifuddin, M. Hum, Kepala Seksi Koleksi dan Pameran, pada kegiatan ini direncanakan akan menyelesaikan 30 juz tulisan Al-Qur’an. “Kita sudah mencetak 600 lembar mushaf Al-Qur’an. Alhamdulillah semua sudah terdistribusikan kepada peserta kegiatan,” ungkapnya.

“Bila satu juz terdiri dari dua puluh halaman. Maka dalam kegiatan serentak ini peserta akan menyelesaikan 30 juz atau satu kali khataman Al-Qur’an,” jelas pria dari Jombang yang bertanggungjawab dalam kegiatan ini.

Khatmul qur’an bil kitabah sesungguhnya adalah turunan dari 'gerakan menulis Al-Qur’an’ yang dicanangkan oleh Menteri Agama. Seperti disampaikan oleh kepala LPMQ, Dr. Muchlis M Hanafi, MA, dalam sambutan pembukaan MTQ di Pringsewu.

“LPMQ adalah unit kerja pada Bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yang memiliki peran khusus dalam menangani Al-Qur’an. Sebab itu, LPMQ berkepentingan mengawal gerakan menulis Al-Quran yang dicanangkan Bapak Menteri Agama,” kata Muchlis, Minggu (22/10) malam hari.

Konsep kegiatannya adalah dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam menulis Al-Qur’an. Secara tekhnis peserta diminta untuk menebali huruf-huruf Al-Qur’an yang telah dicetak transparan dengan spidol yang telah dipotong mata penanya layaknya pena penulis Al-Qur’an. Melalui kegiatan ini LPMQ pengalaman mengedukasi masyarakat dalam hal tulis-menulis Al-Qur’an dan menambah kecintaan mereka kepada kitab suci umat Islam. bp.