Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Dr. Muchlis M. Hanafi, MA, menerima kunjungan tiga orang dosen utusan dari IAIN Pontianak di Gedung Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal Jakarta, Rabu (02/08). Turut hadir menyertai penyambutan itu Kepala Bidang (Kabid) Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kabid Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi, Kasubag Tata Usaha dan Kepala Seksi Pengembangan dan Pengkajian Al-Qur’an.

Udi Yuliarto yang menjadi juru bicara dari IAIN Pontianak menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan mereka di LPMQ. Dia mengutarakan, bahwa kedatangan mereka adalah untuk menjalin kerja sama dengan LPMQ dalam hal pembinaan mahasiswa PPL. Dalam hal ini, IAIN Pontianak berharap LPMQ bersedia membina 10 orang mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) yang rencannya akan melaksanakan kegiatan PPL di Jakarta.

“PPL yang saya maksud adalah Program Pengayaan Lapangan bukan Program Pengalaman Lapangan seperti yang sering kita dengar pada umumnya, sebab mahasiswa kita, prodi IAT, masih sangat membutuhkan pengayaan materi.” Ungkap Kepala Jurusan Prodi (IAT) itu.

Permohonan tersebut disambut baik oleh kepala LPMQ, meskipun menurutnya, sebetulnya tugas dan fugsi (tusi) pokok LPMQ tidak ada kaitannya dengan bidang pendidikan. Namun, LPMQ berkomitmen untuk turut terlibat dalam upaya mencerdaskan generasi bangsa.

“Kami menyambut baik maksud dan tujuan itu. Meskipun dalam tusi LPMQ tidak ada yang terkait langsung dengan fungsi pendidikan. Namun, pada beberapa bidang di bawah LPMQ, hakikatnya ada fungsi-fungsi yang lekat kaitannya dengan dunia pendidikan. Seperti Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal dan Seksi Pembinaan dan Pengawasan” jelas Muchlis.

Selama ini, LPMQ telah melaksanakan peran itu dengan baik. Beberapa tahun terakhir LPMQ telah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dalam bidang pendidikan seperti; UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) dan UNS Surakarta.   

Menurut Yuliarto Mahasiswa PPL dari IAIN Pontiak yang akan mengikuti program pengayaan lapangan di LPMQ rencananya akan tiba di Jakarta pada bulan September. “tapi kami belum menetapkan kepastian tanggalnya dan pola kegiatannya di LPMQ. Sebab, selain dengan LPMQ mereka juga akan dibina di Pusat Studi Al-Qur’an, Tangerang Selatan” katanya.

Pada sesi akhir pertemuan itu, ada penanda tanganan MOU kerja sama antara IAIN Pontianak dengan LPMQ dan penyerahan cindera mata.bp